Sejarah simulasi penerbangan ( flight simulator )
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
sejarah simulasi penerbangan ( flight simulator )
Quote:
SEJARAH SIMULASI PENERBANGAN
Quote:
Simulasi penerbangan (bahasa Inggris: flight simulator) adalah sebuah sistem untuk mewujudkan gambaran penerbangan sebuah pesawat terbang yang mendekati kenyataan yang sebenar-benarnya. Perbedaan tipe sebuah simulasi penerbangan dalam permainan komputer adalah ukuran dari kokpit dan dalam akurasi dari citra yang diolah oleh suatu keadaan dari seni teknologi komputer. Simulasi penerbangan sering digunakan oleh industri penerbangan dan militer untuk melatih pilot, simulasi bencana dan pengembangan sebuah pesawat. Flight Simulator berhasil menyelamatkan ribuan nyawa penerbang. Penciptanya baru diberi penghargaan setelah 22 tahun meninggal. Spoiler for SEJARAH MUST READ: National Inventors Hall of Fame (NIHF) pada tanggal 11 Februari 2003 memberikan penghargaan kepada Edwun A Link, Jr. Ia adalah penemu flight simulator dan flight trainer. Saat diberi penghargaan, Edwin A. Link Jr sudah tiada. Ia wafat 22 tahun lampau. Tahun 2003 itu karya Edwin jr dianggap sebagai salah satu milestone dalam sejarah penerbangan dunia. Ribuan nyawa penerbang telah diselamatkan oleh si pilot saver temuannya tersebut. Selain itu, penggunaan simulator juga telah berhasil menekan biaya latihan sekecil-kecilnya dibandingkan menggunakan pesawat sesungguhnya. Kebutuhan operasional simulator hanyalah suplai arus listrik yang stabil. Sementara pesawat terbang butuh bahan bakar dan biaya lainnya Spoiler for profil Edwin Link: Dilahirkan tahun 1904 di Huntington, Indiana, USA. Anak bungsu pasangan Edwin Link Sr dan Katherine Martin, menikah dengan Marion Clayton reporter majalah Binghamtom. memiliki dua anak laki laki William Martin dan Edwin Clayton. Selama tahun 1920 an dia bekerja di perusahaan pembuatan organ Link Piano dan Organ Company di Binghamton. Kemudian belajar menerbangkan pesawat terbang dan mendapatkan 'pilot license' tahun 1927. Pada Tahun 1928 membangun pilot Trainer yang kini disebut simulator. Dalam waktu singkat dia membuat berbagai macam simulator untuk berbagai tipe pesawat baik sipil maupun militer. Edward Link mengantongi tiga hak paten atas trainer ciptaannya yakni Paten No 1.825.462 (12 maret 1920), No 2.244.464 (3 Juni 1941), dan Paten No 2.358.016 (12 September 1944). Selain membuat simulator, juga membuat alat penyelam untuk eksplorasi laut dalam sekalipun mengorbankan anak bungsunya Edwin Clayton saat mengoperasikan kapal ciptaannya. Edwind A Link Jr tidak pernah lulus sekolah menegah. Tetapi karena ciptaanya dia mendapatkan lima gelar sarjana honoris causa dari beberapa perguruan tinggi. Kemudian berbagai penghargaan dari berbagai organisasi seperti Smithsonian Institution, Royal Aeronautical Society of London dan Philadelphia's Franklin Institute. Quote:
|
Spoiler for sejarah simulasi penerbangan pada perang dunia:
simulasi pertama di dunia yaitu pada tahun 1915
Quote:
|
=========================================
Kemudian perkembangan selanjutnya pada tahun 1927 dengan alat setipe mesin Antoinette menggunakan penggerak elektrik dan mekanik yang terhubung dengan konsol pelatih. Tujuan dari alat ini adalah untuk memutar pesawat pada 'attitude' sesuai dengan respon input dari pilot. Dan pelatih bisa membari efek turbulance/rough air dan memberikan 'problem' pada flight control untuk menguji kecepatan reaksi pilot.
Yang paling sukses dan terkenal pada masa itu adalah LINK TRINER [gambar dibawah] yang dibuat pada tahun 1927.
Quote:
|
=========================================
Kemudian setelah dirasakan kegunaan akan terbang instrumen, maka mulailah bermunculan alat-alat 'instrument flight trainer' baru yang makin lengkap instrumennya. Kemudian muncul alat 'course plotter' yang dapat mencatat pergerakan pesawat pada sebuah 'chart'.
Dan pada perang dunia ke-II kebutuhan akan simulator ini dirasakan makin penting, baik untuk sang pilot juga untuk para navigator.
Celestial Navigation Trainer pertama [gambar di bawah] dibuat tahun 1941, digunakan untuk berlatih navigasi menggunakan acuan bintang.
Quote:
|
=========================================
Kemajuan besar dalam dunia simulasi pada masa perang dunia ke-II adalah penggunaan Analog Computer atau Differential Analyser [elektronik] yang memungkinkan simulasi berupa respon pesawat terhadap gaya aerodinamik.
Kemudian tahun 1945 simulator yang lebih canggih dibuat. Teknologi selanjutnya adalah ditemukannya teknologi komputasi A.C. dengan frekuensi 50 Hz, dan kemudian 400Hz.
Spoiler for NB:
Quote:
|
=========================================
Kemudian tibalah era Simulator Digital, pada tahun 1960 pertama dibuat komputer untuk menghitung dinamika pesawat bernama UDOFT (Universal Digital Operational Flight Trainer). Kemudian dibuat komputer bernama Link Mark I untuk simulator 'real-time', menggunakan 3 'parallel processor' untuk komputasi aritmatik, 'function generation', dan seleksi radio station. Kemudian muncul 'visual-system' yang diawali dengan teknologi 'point-light source projection' diawal tahun1960-an. Penggunaan 'Visual system' berwarna pertama kali oleh Redifon pada tahun 1962. Semenjak itu pengembangan simulator diutamakan pada penyempurnaan tampilan gambar.
Komputer pertama yang dapat menghasilkan gambar dibuat oleh General Electric Company dengan menggunakan sistim 'patterned ground-plane image'. Kemudian sistim selanjutnya menggunakan objek 3-dimensi. Dan perkembangan grafik 3-dimensi selanjutnya sangat dekat dengan perkembangan perangkat keras komputer yang ada hingga saat ini.
Quote:
visual system (simulator modern )
Quote:
Simulator yang realistis tidak hanya didukung oleh mesin aritmatika yang canggih namun juga harus diimbangi oleh kondisi lingkungan simulasi yang realistis pula. Untuk memberikan efek real-time pada simulator Spoiler for sejarah visual system : secara bertahap dikembangkan visual system sehingga situasi penerbangan menyerupai kondisi di alam nyata. Beberapa milestone yang patut dicatat adalah : v 1955 – Perusahaan Giravions Dorand dari Perancis memproduksi simulator dengan visual system yang diimpelementasikan menggunakan metode point light source projection atau shadowgraph. v Pertengahan 1950-an dilakukan pengembangan visual system monochrome menggunakan metode closed-circuit television (CCTV) oleh Curtiss-Wright, divisi Link dari General Precision dan General Precision Systems (dulu bernama Air Trainers and Air Trainers Link Limited). v 1962 – Redifon memproduksi color system untuk pertama kalinya. v 1967 – Image generator untuk simulasi diciptakan pertama kali oleh General Electric Company dari Amerika Serikat pada suatu program luar angkasa. Versi awal sistem ini mampu membangkitkan citra "ground plane" terpola, sedang versi-versi pengembangngan berikutnya telah mampu membangkitkan citra dari obyek-obyek tiga dimensi (3D). v 1971 – Vital II dibuat oleh McDonnel-Douglas Electronics Company dari Amerika Serikat. Sistem ini menggunakan metode calligraphic atau stroke-writing sehingga mampu mereproduksi light point yang lebih baik. |
Untuk membuat citra visual system hampir semudah menggambar menggunakan drawing editor di personal computer (PC) rumahan. Tingkat kesulitannya adalah teknik agar citra yang dibuat tersebut tampak realistis secara dimensional ditinjau dari jarak dan sudut yang berbeda. Oleh karena itu di dalam pembuatannya harus memperhatikan persyaratan LOD dan perspective view. Di Simulator F-16A TNI AU pembuatan citra visual system dilakukan pada workstation SunSparc 10 pada beberapa software berbeda diantaranya Feature Model Developer (FMD), Color Table Editor (CTE), Adobe Photoshop, Terrain Decoration Software (TDS) dan Texture Manipulation Software (TMS). Salah satu contoh citra visual system ditampilkan pada gambar di bawah ini.
Quote:
Situasi dalam cockpit simulator modern. Perhatikan tampilan visual system di depan cokpit yang realistis sebagaimana aslinya. |
Spoiler for visual system:
Spoiler for visual system:
Spoiler for visual system:
Spoiler for visual system:
Spoiler for visual system:
Spoiler for visual system:
Spoiler for sejarah game flight simulator:
Pada pertengahan 70-Bruce Artwick adalah mahasiswa pascasarjana teknik elektro di University of Illinois. Menjadi seorang pilot gairah, itu hanya alam yang prinsip-prinsip penerbangan menjadi fokus pekerjaan tuannya. Dalam tesisnya Mei 1975, disebut "A serbaguna yang dihasilkan komputer penerbangan tampilan dinamis", dia menunjukkan sebuah model penerbangan dari pesawat terbang, ditampilkan pada layar komputer. Dia membuktikan bahwa prosesor 6800 (komputer mikro pertama yang tersedia) mampu menangani baik aritmatika dan tampilan grafik, yang dibutuhkan untuk simulasi penerbangan real-time. Singkatnya: Flight Simulator pertama lahir.
Pada tahun 1978 Bruce Artwick, bersama-sama dengan Stu Momen, mendirikan perusahaan software sendiri dengan nama SubLOGIC dan mulai mengembangkan perangkat lunak grafis untuk prosesor 6800, 6502, 8080 dan lainnya. Pada tahun 1979 ia memutuskan untuk mengambil model dari tesis satu langkah lebih jauh dan mengembangkan program Flight Simulator pertama untuk Apple-II (berdasarkan prosesor 6502), diikuti segera dengan versi untuk Radio Shack TRS-80. Kedua versi sepenuhnya dikodekan dalam kode mereka masing-mesin. Pada bulan Januari 1980 SubLOGIC FS1 memukul pasar konsumen (lihat iklan). Pada 1981 Flight Simulator dilaporkan judul jual terbaik bagi Apple. Pada akhir tahun 1997 Microsoft mengaku telah menjual tidak kurang dari 10 juta kopi semua versi FS, sehingga menjual perangkat lunak terbaik judul di sektor hiburan. Dan pada tahun 2000 Microsoft Flight Simulator diangkat dalam Guinness Book of Records dengan 21 juta eksemplar terjual per Juni 1999. Kita tentu berhutang satu untuk Bruce Artwick.
Quote:
|
Pada tahun-tahun berikutnya SubLOGIC sendiri pertama kali dirilis garis paralel dalam bentuk versi FS baru II untuk Apple II (1984), yang sendiri dalam versi perbaikan dari Microsoft Flight Simulator 2, yang dimungkinkan oleh tampilan warna yang superior dari Apple . Antara 1984 dan 1987 14 versi lain atau rilis diikuti untuk banyak komputer pribadi yang berbeda, terutama Commodore 64 dan Amiga, Atari 800 dan ST dan Apple MacIntosh.
=========================================
Pada tahun 1988 Bruce Artwick split dengan Stu Momen, kiri SubLOGIC dan memulai perusahaannya sendiri: PAB Ltd (Bruce Artwick Organisasi), semata-mata untuk tujuan pengembangan dan pemasaran produk flightsimulation, terkonsentrasi pada Microsoft Flight Simulator. Kemudian tahun Microsoft FS 3.0 dirilis, yang menampilkan jendela terpisah dan untuk pertama kalinya (Microsoft FS) memungkinkan pesawat harus dilihat dari luar! Rilis sebelumnya (1987-1988) dari FS II untuk Atari ST, Amiga dan Maclntosh sudah diketahui sebagian besar fitur ini.
kemudian mari kita lihat perkembangan game nya gan
Spoiler for FS I :
Spoiler for FS II:
Spoiler for FS Macintosh Apple:
Spoiler for FS 2000:
Spoiler for FS 2004:
Spoiler for FS 2004:
Spoiler for FS 2004:
Spoiler for FSIM 2004:
Spoiler for FSIM X:
Spoiler for FSIM X:
sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10458125
--
Source: http://jelajahunik.blogspot.com/2011/09/sejarah-simulasi-penerbangan-flight.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com
0 komentar:
Posting Komentar