Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

PART 2 Sejarah Sepeda Mulai Sketsa Hingga Fixie dan Folding

1960-1973: BMX, Lowrider, Race/Road Bike
Sepeda kembali diminati sbg alat rekreasi & juga alat olahraga,di samping fungsi transportasi. Di era inilah sepeda jenis BMX (Bicycle MotorCross) hadir dimuka bumi California, AS.
Spoiler for BMX:

Dan diawal tahun 1960 jg menjadi awal pengembangan sepeda jenis Lowrider yg dpt dibedakan dri bentuk sadel yg umumnya panjang & sedikit meliuk, stang yg tinggi & panjang, rangka chrom yang curvy, serta berbagai macam aksesoris lainnya.
Spoiler for Lowrider:

Selain itu, sepeda jenis balap mulai digarap dgn desain yg khusus pada awal 1960.
Spoiler for Race Bike:
1977: Mountain bike
prototipe pertama sepeda gunung dikembangkan oleh marin co. Di san fransisco, as. Produksi massal sepeda gunung diawali pada tahun 1981.
Spoiler for mountain bike:
FIXIE BICYCLE (Fixed gear)




pada prinsip sepeda fixie adalah sepeda dengan "gear mati" alias fixed gear atau tidal free wheel. Base sepeda ini menggunakan rangka sepeda balap (road bike) dan simple, tanpa gear shift bahkan handle brake (rem).
Sepeda fixie adalah sepeda yang digunakan kaum pengantar pos/koran/majalah, yang biasa dikenal dengan kurir di wilayah amerika, persisnya di new york.


Spoiler for history:
mereka mengalami masalah lead time pada saat mendeliver paket mereka karena kondisi kota new york yang begitu padat.
Makanya mereka memilih sepeda sebagai altrernative, dan hasilnya memuaskan dengan lead time delivery berkurang dan pengiriman yang jauh lebih cepat.

Fixie bike, yang menggunakan fixed gear, akan membuat ayunan pedal terus berputar seiring dengan perputaran roda belakang, sehingga untuk melakukan pengereman, maka si pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan cara gaya melawan arah putaran pedal atau biasa disebut dengan sistem "door trape".

Hal ini sangat berbahaya untuk orang yang tidak terbiasa, karena pada saat melewati jalan menurun, maupun berbelok, pedal akan terus berputar dan laju sepeda akan terus melaju dengan kencang.
"biasanya perbandingan gigi (gear ratio) depan dan belakang juga besar".


Spoiler for gear on fixie:
untuk yang penasaran kepengen punya fixie, sekarang ada alternative, seperti :

a. Biasanya untuk mensiasati penggunaan gear door trape, juga dipasangkan gear free wheel, jadi pada hub belakang ada dua gear di kanan dan kirinya. Satu sisi untuk sistem door trape, sisi lain untuk free wheel

jadi kalo mau nyaman dan aman, tinggal dibalik aja bannya, asal jangan lupa, sebaiknya juga pake ban luar dengan sistem "all direction"

b. Bisa ditambahkan dengan rem depan saja, (ingat sepeda fixie adalah sepeda yang simple, jadi nggak banyak assesoris)

kenapa rem depan saja? Karena rem depan lebih akurat dan cepat untuk memperlambat laju sepeda, selain pada saat kita melakukan rem depan, otomatis berat tubuh akan terdorong ke depan sesuai dengan hukum alam kelebaman. Jadi titik tumpu akan condong ke arah depan, sehingga lebih efektif meredam gaya yang ke arah depan.

FOLDING BICYCLE (Lipat)
Spoiler for folding:

banyak yang mematenkan desain sepeda lipat. Mulai dari michael b. Ryan dari amerika serikat. Henry gerard dari perancis. Ia malah menciptakan seli sebagai perlengkapan tempur untuk militer. Pabrikan seli di eropa mulai bermunculan seperti dursley-pedersen (england), faun (england), fongers (holland), peugeot (france), bianchi (italy), leitner (rusia)

ERA PD 1 dan PD 2
Spoiler for world war:

perang dunia pertama seli banyak digunakan untuk paratroopers (penerjun payung). Contohnya merk pabrikan inggris bsa (birmingham small arms) ini. Pada perang dunia kedua, pabrikan columbia asal as memproduksi compax untuk keperluan penerjun payung militer. Tapi alih-alih dilipat. Columbia memproduksi frame separated (terpisah)
1970-an
Spoiler for 70-an:

produk seli mulai booming di as dan inggris. Salah satu produk as yg paling laku dan populer adalah raleigh twenty stowaway. Diperkenalkan tahun 1971 dan diproduksi sampai tahun 80-an. Produk inilah yg pertama kali mempopulerkan hub bearing, tepatnya sturmey-archer 3-speed hub. Di era ini hampir semua negara di eropa barat mempunyai pabrikan seli. Beberapa diataranya di perancis ada peugeot, italy ada bianchi dan juga graziella dan formicone. Era ini juga dikenal produk seli yg murah meriah dikenal dengan u-frame.
ERA 1980-Sekarang
Spoiler for 70-an:

Gimana gan dah ngerti kan seluk beluk sepeda? Sekarang ayo kita simak video clip dari
30 Second To Mars "Kings and Queens"
Selain asik didenger, di videonya ngasih liat komunitas Fixie Rider yg ada di LA.
Cool dah gan pokoknya!



Atau mau liat video clip dari RAN yang terbaru?
Di video clipnya ngeliatin rombongan pesepeda bareng RAN jg sedang bersepeda keliling-keliling jalanan Jakarta loh..
Nah lo tuh, sekarang sepeda emang lagi semarak gan, semoga bukan cuman tren sesaat aja deh. tapi smoga kita emang bisa pake sepeda di setiap aktifitas perjalanan kita


sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9316617

noreply@blogger.com (admin) 25 Aug, 2011


--
Source: http://jelajahunik.blogspot.com/2011/08/part-2-sejarah-sepeda-mulai-sketsa.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar