Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jalan Kuno Suku Maya di El Salvador Ditemukan

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!


Headline


Boulder – Arkeolog kembali melakukan penggalian di sebuah desa Maya yang terkubur gunung api 1.400 tahun lalu di El Salvador. Di sana, mereka menemukan jalan kuno menuju kota Maya.
University of Colorado di Boulder (CU-Boulder), Kolorado, mengatakan, jalan yang disebut 'sacbe' ini selebar 1,8 meter dan terbuat dari debu vulkanik putih dari letusan terdahulu yang menopang ujung-ujungnya seperti ditulis UPI.
Para warga Maya di desa yang dulu disebut Ceren membuat jalan itu pada 600. Profesor antropologi Payson Sheets di CU-Boulder mengatakan, dalam Yucatan Maya, kata 'sacbe' berarti 'jalan putih' dan digambarkan sebagai jalan kuno tinggi yang dibangun dengan plester gamping yang menghubungkan kuil, plaza, dan kota.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0zuD1G-Gqpsn0L8wO52-oEhDJ9KWa_v89WiKTlt9n9ovgZtMqyLknQJNMJPUskqwsrX5NAUGJSv3hQC8w0e0aKkhC-1G6g7na-7ooyjWXj7SRvbXogz6dqRm44CAUP-RCnIhyW-CrVVg/s400/desa.jpg
"Hingga temuan ini, jalan ini hanya dikenal dari area Yucatan di Meksiko dan semuanya dibangun dengan garis batu. Butuh preservasi luar biasa di Ceren untuk memberitahu kita, Maya juga membuat jalannya dari batu," paparnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTUAV-OZn7-LSzKzWnRWt81Y0gybxBp1zffyxkjrq2DmYuQI7rM-sSj_Xwj5jqesXGqpMIQgb-nceZsuwsdBR4kqC2KL9a_19GgJ5cZWJluvSjNmfuTlIieiGPYVzJKQpqzuWDATCreyE/s320/orc_village.gif




sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1782693/jalan-kuno-suku-maya-di-el-salvador-ditemukan

noreply@blogger.com (admin) 08 Oct, 2011


--
Source: http://jelajahunik.blogspot.com/2011/10/jalan-kuno-suku-maya-di-el-salvador.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar