Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ular Lokal Terkecil di Dunia

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Hari ini Senin, 3 Oktober 2011 sekitar jam 08.30 WIB ane sedang mencuci kendaraan di depan garasi. Lagi asyik cuci tiba-tiba dari dalam rumah istri ane berteriak minta dilihatin apa yang didapatkan saat menyapu rumah. Ane datang ke tkp dan ane lihat ada binatang melata seperti cacing berwarna hitam legam kemudian ane pindahkan keluar di lantai beranda rumah. Ane amat-amati dengan teliti lebih dekat makhluk mungil tersebut. gothca!!! Ternyata dari mulutnya menjulur-julur seperti lidah sangat kecil tapi bisa terlihat dengan jelas dia berperilaku seperti ular kebanyakan yang sering menjulur-julurkan lidah. Satu lagi poin yang membuat saya makin tertarik adalah tampilan kulitnya ternyata adalah sisik kecil-kecil dan hanya bisa diamati dari jarak sangat dekat atau perlu alat pembesar penglihatan semacam loupe atau microscope.
http://1.bp.blogspot.com/-LtaciaTqfYM/TonGOA4RuVI/AAAAAAAABgc/76Pr4yVQjSU/s1600/t32s2yba.jpg
Ular lokal terkecil di dunia

Dulu waktu kecil pernah juga rasanya menemukan binatang seperti ini, dan dikenal di daerah ane dengan nama ula kawat karena memang badannya hanya seukuran kawat. Berarti orang tua jaman dulu sudah bener menamai makhluk ini sebagai jenis ula atau ular.

Saya googling dapat informasi ular terkecil di dunia dengan nama (klik pada nama ilmiah ular tsb utk menuju link)
Leptotyphlops carlae. Ular tersebut ditemukan oleh ilmuwan dari Pennsylvania State University bernama S. Blair Hedges pada tahun 2008. Klik gambar di bawah ini untuk menuju link.

Ular terkecil Leptotyphlops carlae dari Pulau Barbados, Karibia

Ada perbedaan dari tampilan fisik antara Leptotyphlops carlae yaitu dari warna tubuh ular dari Pulau Barbados ini berwarna coklat sedangkan ular lokal berwarna hitam legam. Ukurannya sama-sama kecil dengan panjang sekitar 7 cm dan diameter hanya 1 mm (satu milimeter) seperti gambar di bawah ini.
http://1.bp.blogspot.com/-v-K8E6MS_hQ/TonGNyZ-kYI/AAAAAAAABgM/I6NzdWx4oGg/s1600/kgu6yfwp.jpg
Ukuran ular lokal terkecil di dunia

Kalau mau membayangkan dengan ukuran jari berikut sempat ane photo skala jari telunjuk.
http://2.bp.blogspot.com/-O1z_oKOnPMM/TonGcJoer2I/AAAAAAAABgk/sggztc_4qEE/s1600/j8woipon.jpg
Skala ukuran ular lokal terkecil

Post yang pernah dimuat di Lounge ada juga tentang ular terkecil di dunia bisa dilihat di sini tetapi hanya google translate dari link yang ada pada keterangan Leptotyphlops carlae di atas.

Karena ane ragu untuk menyimpan takut makhluk tersebut malah mati, akhirnya makhluk mungil tersebut ane lepaskan lagi di halaman supaya bisa berkembang biak dan lestari.
Sebetulnya sempat ane videokan ular ini sehingga nyata tergambar gerakannya sangat mirip dgn ular. Namun karena ukuran filenya raksasa jadi ane kaga bisa upload.

Tambahan:
Kebetulan googling nih dapat video pendek daru youtube tentang ular ini:







sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10792119
 

noreply@blogger.com (admin) 05 Oct, 2011


--
Source: http://jelajahunik.blogspot.com/2011/10/ular-lokal-terkecil-di-dunia.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar