Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ini Dia Cara Jitu Tangkal Kecemasan

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
[Cemas+4.jpg]



Rasa cemas sebenarnya identik dengan gelisah dan tak mampu mengontrol pikiran-pikiran negatif yang terus-menerus muncul di kepala.

Tak hanya pikiran, rasa cemas juga bisa terlihat secara fisik seperti jantung berdebar-debar dan telapak tangan berkeringat. Jika merasakannya, Anda tidaklah sendirian.

Hampir seperempat dari orang dewasa di atas usia 65 tahun yang mengalami kecemasan, tetapi kondisi itu sering kali tidak diobati, mengapa? Karena orang cenderung tidak mengenali gejalanya atau terlalu malu untuk mengungkapkannya.

Gejala gangguan kecemasan meliputi rasa khawatir dan ketakutan berlebihan. Sering kali, perasaan itu disertai ketegangan otot, sakit kepala, nyeri dada, dan kelelahan. Nah, berikut adalah beberapa strategi untuk membuat Anda merasa lebih tenang saat terserang kecemasan :

Bernapas 'panjang'

Mengambil napas dalam-dalam setiap kali Anda merasa cemas adalah teknik sederhana yang direkomendasikan untuk mengurangi perasaan cemas.

Tutup mata dan tarik napas perlahan melalui hidung, jaga bahu tetap santai. Buang napas melalui mulut tanpa terburu-buru. Lakukan ini selama beberapa menit. Pastikan Anda bernapas dari perut, bukan dari dada.

Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara alami terbaik untuk merasa lebih tenang. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga memiliki manfaat fisik dan psikologis karena ia melepaskan hormon endorfin dan neurotransmitter sehingga membuat perbedaan besar dalam suasana hati Anda.

Manfaat dari olahraga untuk mengarasi kecemasan sebenarnya serupa dengan terapi relaksasi, meditasi, dan berbicara. Jenis olahraga paling efektif misalnya aerobik, berlari, dan berjalan.

Sharing

Pikirkan seseorang yang membuat Anda merasa nyaman untuk diajak berbicara tentang kecemasan. Ini bisa jadi seseorang yang dekat, seperti teman, anggota keluarga, atau mungkin dokter dan terapis.
Begitu mulai membahas apa yang membuat Anda cemas, Anda akan merasa lega. Terbuka mengenai kondisi yang dialami akan membuat Anda serasa terlepas dari beban berat.

Makan sehat

Membuat keputusan dengan mengonsumsi gizi sehat dapat membantu mencegah gejala kecemasan. Cobalah hindari makanan olahan dan pastikan untuk menyertakan buah segar dan sayuran, serta biji-bijian, kacang-kacangan, telur, dan ikan.

Makanlah makanan seimbang dengan karbohidrat kompleks yang meningkatkan jumlah serotonin di otak. Makanan yang kaya akan kalsium, fosfor, dan magnesium juga dapat membantu. Kurangi kafein dan alkohol, karena keduanya cenderung memperburuk kecemasan.

Meditasi

Proses ini memungkinkan Anda fokus pada pikiran di masa sekarang daripada mengingat masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan. Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Pada umumnya, orang cenderung menjalani kehidupan dengan tidak menyadari apa yang terjadi saat ini, malah khawatir tentang masa depan atau mengenang masa lalu. Meditasi membawa kita kembali ke saat ini sehingga kita dapat menjalani hidup tanpa menghakimi diri sendiri.

[Cemas+3.jpg]



sumber :http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1785569/ini-dia-cara-jitu-tangkal-kecemasan

noreply@blogger.com (admin) 17 Oct, 2011


--
Source: http://jelajahunik.blogspot.com/2011/10/ini-dia-cara-jitu-tangkal-kecemasan.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar